JURNALISTIK – Karni Ilyas Luncurkan Buku

0
17

JAKARTA, KOMPAS – Sebuah buku jurnalistik bertajuk Karni Ilyas-Lahir untuk Berita diluncurkan, Rabu (17/10) malam, di Jakarta. Buku yang ditulis Fenty Effendy itu mengisahkan perjalanan dan karier jurnalistik Karni Ilyas, yang kini menjabat Pemimpin Redaksi tvOne.

Peluncuran buku setebal 396 halaman tersebut dihadiri sejumlah menteri dan pejabat Negara, antara lain, Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Amir Syamsuddin, Jaksa Agung Basrief Arief, Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi Abraham Samad, Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD, Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan, Wakil Menteri Pertahanan Sjafrie Sjamsoeddin, serta kalangan advokat dan politisi. Acara yang dikemas bergaya unuk bincang tersebut disiarkan secara langsung oleh tvOne.

Karni, dalam buku yang diterbitkan Penerbit Buku Kompas ataupun dalam acara unjuk bincang, mengatakan, dirinya ingin menjadi wartawan karena ingin terkenal. “Empat puluh tahun sebagai wartawan, 20 tahun sebagai pemred,” katanya.

Ia mengawali karier sebagai wartawan di Suara Karya, kemudian pindah ke Tempo, FORUM Keadilan, SCTV, dan tvOne.

Dalam buku itu, Karni mengutip kembali yang sering dikatakannya kepada wartawan muda. “Kalian jangan kayak menunggu tahi hanyut,” kata Karni ketika mengomentari berita yang ditulis seadanya.

Bagi Karni, berita itu harus dikejar ke sumber utamanya dan tidak hanya mengandalkan keterangan dari bagian humas.

Mahfud ketika didaulat memberikan kesan atas perjalanan Karni mengatakan, dari Karni Ilyas inilah jurnalis bisa melihat cara kerja dalam menggali narasumber.

“Sampai-sampai, saya pun pernah suatu kali mencari alasan untuk tidak hadir dalam sebuah acara yang dipandu Bang Karni ini. Dia luar biasa dalam menggali narasumber,” ujarnya.

Amir Syamsuddin mengatakan, “Karni ini bukan sekadar wartawan. Tapi, dia juga mampu mengubah perjalanan hidup saya ketika membela kasus hukum.” (BDM/OSA)

*Kompas, 19 Oktober 2012.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here